Tuesday 16 February 2010

proaktivitas

Di antara stimulus dan respons, manusia memiliki kebebasan untuk memilih (Stephen Covey)

Dalam bukunya yang terkenal, The 7 habits of very effective people, Stephen Covey mengungkapkan kepada kita bahwa manusia memiliki kemampuan untuk memilih respon terhadap kondisi yang menimpa. itulah pengertiannya tentang proaktivitas



Contoh proaktivitas yang di ambilnya dalam bukunya adalah tentang seorang yahudi bernama Frankl yang di sekap Nazi Jerman dalam perang dunia kedua. Dalam kondisi serba terkurung dan terancam fisik dan jiwanya, tahanan yahudi ini masih bisa menciptakan gambaran utuh tentang dirinya yang masih bebas merdeka. Dalam keadaan fisik terkurung, jiwanya masih merdeka.

Menurut Stephen Covey kebebasan untuk memilih tersebut di sebabkan manusia mempunyai epmat hal ini :
-Kesadaran Diri
-Imajinasi
-Suara hati
-kehendak Bebas
bahkan binatang paling cerdas sekalipun tidak mempunyai satupun anugrah di atas. Iitulah yang membedakan manusia dengan binatang.

Dengan menganalogikan komputer, binatang dapat di latih untuk menjalankan program, tetapi tidak dapat menulis program, bahkan binatang tidak pernah sadar akan keberadaan program tersebut. Sedangkan manusia dapat di latih untuk menjalankan program, dan juga dapat membuat program dan menyetel ulang programnya.

1 comment:

alam said...

Punya jurnal tentang proaktivitas?